Artikel Jurnal
Analisis Kepuasan Pemasok terhadap Proses Pengadaan Barang dan Jasa serta Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya di RSUP Dr. Kariadi Semarang
Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan berkomitmen pada keselamatan pasien, pengunjung, dan stafnya.
Kebutuhan sarana dan prasarana untuk pelayanan dipenuhi melalui proses pengadaan barang dan jasa. Rumah sakit wajib
memberikan kepuasan kepada pemasok dalam kerjasama pengadaan barang dan jasa sebagai pelanggan eksternal rumah
sakit. Kepuasan pemasok merupakan hal penting bagi rumah sakit agar pemasok loyal kepada rumah sakit. Loyalitas
pemasok dapat dicapai apabila kepuasan pemasok terpenuhi. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pemasok barang dan jasa di RSUP Dr. Kariadi pada masa non pandemi. Pada masa pandemi
proses pengadaan barang dan jasa berjalan dalam kondisi tertentu sehingga tidak bisa mewakili proses pengadaan barang
dan jasa pada umumnya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi
sebanyak 269 pemasok yang pernah bekerja sama dengan RSUP Dr. Kariadi pada tahun 2019. Metode pengambilan
sampel secara proportional random sampling dengan sampel sebanyak 75 responden berdasarkan rumus Slovin. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan signifikan antara kualitas layanan (P-value = 0,002), komunikasi
(P-value = 0,000), komitmen (P-value = 0,000), prosedur pengadaan (P-value = 0,005), dan kebijakan pembayaran (P-value
= 0,000) dengan kepuasan pemasok. Hasil uji regresi logistik menunjukkan kebijakan pembayaran memiliki pengaruh
paling besar terhadap kepuasan pemasok.
Kata Kunci: Kepuasan pemasok, komitmen, pengadaan barang dan jasa
No other version available