Pelayanan publik merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu negara, menjadi cerminan dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, efisien, dan transparan. Dalam landasan regulasi yang kuat, seperti Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum …
Pelayanan publik merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu negara, menjadi cerminan dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, efisien, dan transparan. Dalam landasan regulasi yang kuat, seperti Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum …
Rumah sakit mempertimbangkan bahwa asuhan di rumah sakit merupakan bagian dari suatu sistem pelayanan yang terintegrasi dengan para professional pemberi asuhan (PPA) dan tingkat pelayanan yang akan membangun suatu kesinambungan pelayanan. Dimulai dengan skrining, yang tidak lain adalah memeriksa pasien secara cepat, untuk mengidentifikasi kebutuhan pasien. Tujuan sistem pelayanan yang terin…
Pelayanan publik merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu negara, menjadi cerminan dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, efisien, dan transparan. Dalam landasan regulasi yang kuat, seperti Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penye…
Pengembangan pelayanan di RSUP Dr. Kariadi perlu didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki kinerja yang unggul. Proses penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dimulai melalui proses perencanaan SDM yang sistematis. Perencanaan SDM yang sistematis meliputi kuantitas maupun kualitas guna terwujudnya pelayanan yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. Sebagai RS…
Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu, diperlukan suatu panduan yang dapat membantu tenaga medis dalam menangani pasien secara efektif dan efisien. Salah satu panduan tersebut adalah Clinical Pathway atau alur klinis. Clinical Pathway adalah suatu perencanaan pelayanan terpadu/terintegrasi yang merangkum setiap langkah yang diberikan pada pasien, berdasarkan stan…
Layanan Kariadi One Stop Digital Payment Palvijoen Eksekutif Garuda merupakan layanan pembayaran 1 pintu yang dikemas secara digital untuk mempermudah proses pembayaran tagihan layanan kesehatan yang sudah didapatkan oleh pasien, pengembangan ini berupa integrasi layanan digital payment dengan Kariadi Mobile dan WhatsApp notifkasi, selain itu juga menyediakan Kasir Digital untuk dapat melakukan…
Instalasi Rawat Jalan (IRJA) RS Kariadi Semarang merupakan unit vital dan penyumbang pendapatan terbesar rumah sakit, dengan rata rata 28.976 kunjungan per bulan pada 2024. Namun, keterbatasan waktu konsultasi, rendahnya literasi kesehatan pasien, serta media edukasi yang kurang efektif berdampak pada kepuasan layanan. Inovasi VIGKASI memanfaatkan media digital berupa video edukasi singkat dan…
Instalasi Rawat Jalan (IRJA) merupakan salah satu unit vital dalam pelayanan di RS. Kariadi Semarang. Kejelasan pelayanan masih menjadi masalah krusial di IRJA. Pelayanan rawat jalan sebagai front liner pelayanan kesehatan menjadi pengalaman pertama pelanggan sehingga dapat membentuk persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang akan diperoleh. Kesan pertama yang baik di rawat jalan …
Seluruh tempat kerja memiliki resiko bagi seluruh staff yang bekerja di dalamnya, tidak terkecuali rumah sakit. Needle Stick Injury (NSI) atau cedera tertusuk jarum adalah salah satu kategori cedera yang bisa sering terjadi pada ruang lingkup kesehatan dan tenaga kesehatan dan memiliki dampak serius. NSI dapat terjadi pada perawat, bidan, dokter, ataupun tenaga kesehatan lainnya seperti petugas…
Inovasi ”GIAT security” dikembangkan di Instalasi Rawat Inap Kelas I dan II (IRNA Kelas 1 dan II) pada akhir tahun 2022 dengan tujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban yang komprehensif di lingkungan ruang rawat sehingga pelayanan kepada pasien dapat berjalan secara optimal. Implementasi inovasi GIAT security dilakukan dengan pendekatan patroli keamanan, pembuatan aplikasi pantauan p…
Penggunaan klaim INA-CBG sebagai acuan dalam negosiasi pengadaan alat kesehatan (alkes) implant merupakan strategi penting untuk memastikan efisiensi anggaran dan kesesuaian biaya dengan standar pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam sistem INA-CBG, setiap tindakan medis, termasuk pemasangan implant, memiliki tarif klaim yang sudah ditetapkan berdasarkan kelompok diagnosis dan …
Pelayanan publik merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu negara, menjadi cerminan dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, efisien, dan transparan. Dalam landasan regulasi yang kuat, seperti Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum …
Monitoring adalah serangkaian kegiatan sistematis untuk memantau, mengamati, dan mengukur kemajuan suatu aktivitas, proses, atau sistem terhadap tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana, mengidentifikasi masalah atau penyimpangan sejak dini, dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan. sistem monitoring merujuk p…
Pemberitahuan pulang H-1 belum terkoordinasi dengan petugas gizi untuk saat ini sehingga menyebabkan beberapa makan siang pasien tidak termakan karena pasien sudah pulang. Program Inovasi EMPING bertujuan meningkatkan efisiensi makan siang untuk pasien yang terprogram pulang H-1. Pasien pulang H-1 diedukasi untuk pulang sebelum jam 12:00. Pelaksanaan inovasi dilakukan dengan skrining pasien pul…
RSUP Dr.Kariadi Semarang untuk menciptakan pelayanan yang berorientasi terhadap keselamatan pasien. Dengan salah satu upaya yaitu dengan monitoring penggunaan alat kesehatan secara berkelanjutan, sehingga masa penggunaan Alat Kesehatan (Alkes) sesuai dengan jangka waktu dan standart yang ditetapkan dan mampu berfungsi secara optimal, aman, serta terhindar dari Kejadian yang Tidak Diharapkan…
Unit sterilisasi sentral adalah adalah salah satu unit dari rumah sakit yang berperan penting dalam memutus mata rantai infeksi yang terjadi di rumah sakit yang bertugas untuk membersihkan, mendisinfeksi dan mensteril alat kesehatan termasuk barang medis habis pakai (BMHP). Sterilisasi yang efektif dan efisien dapat membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan secara keseluruhan. Unit sterilis…
RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan RS Tipe A Pendidikan yang mempunyai visi “Menjadi Rumah Sakit Modern dan Berdaya Saing Tinggi di Tingkat Asia tahun 2024”, mempunyai misi menyelenggarakan pelayanan, pendidikan, penelitian kesehatan yang mermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien dan lingkungannya, menyelenggarakan proses bisnis rumah sakit yang sehat dan produktif, menyelengga…
Sehubungan dengan meningkatnyaa jumlah penunggu pasien dan permintaan kartu tunggu pasien dengan meninggalkan kartu identitas seperti KTP dan faktanya dilapangan banyak KTP yang ditinggal di ruang satpam, serta kartu tunggu manualnya tidak di kembalikan ke petugas keamanan. Hal ini menyebabkan setiap tahunnya ada permintaan kartu tunggu fisik/manual yang perlu harus di usulkan dalam pengadaan k…
RS Kariadi Semarang merupakan rumah sakit terbesar di Jawa Tengah dengan fungsi sebagai rumah sakit rujukan nasional. Dengan luas area 193.410 m², kapasitas 1.221 tempat tidur, dan jumlah pegawai 3.198 orang, beban operasional rumah sakit sangat besar, khususnya pada penolahan sampah medis dan nonmedis serta konsumsi air bersih untuk kebutuhan sanitasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, Ins…