Sehubungan dengan meningkatnyaa jumlah penunggu pasien dan permintaan kartu tunggu pasien dengan meninggalkan kartu identitas seperti KTP dan faktanya dilapangan banyak KTP yang ditinggal di ruang satpam, serta kartu tunggu manualnya tidak di kembalikan ke petugas keamanan. Hal ini menyebabkan setiap tahunnya ada permintaan kartu tunggu fisik/manual yang perlu harus di usulkan dalam pengadaan k…
RS Kariadi Semarang merupakan rumah sakit terbesar di Jawa Tengah dengan fungsi sebagai rumah sakit rujukan nasional. Dengan luas area 193.410 m², kapasitas 1.221 tempat tidur, dan jumlah pegawai 3.198 orang, beban operasional rumah sakit sangat besar, khususnya pada penolahan sampah medis dan nonmedis serta konsumsi air bersih untuk kebutuhan sanitasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, Ins…
Besarnya tuntutan pekerjaan pada perawat maupun bidan secara terus menerus dapat menimbulkan kejenuhan, kelelahan fisik, dan psikis sehingga dapat mengalami burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi burnout pada perawat dan bidan di Instalasi Eksekutif RS Kariadi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan …
Clinical Pathway (CP) adalah konsep perencanaan pelayanan kesehatan terpadu atau kerangka kerja yang terstruktur dan berbasis bukti untuk memandu perawatan pasien yang dirancang untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pelayanan di rumah sakit. CP menggabungkan standar pelayanan medis dan keperawatan dalam satu kerangka kerja yang terstruktur, memungkinkan semua pihak terlibat dalam perawatan pasi…
Dalam era digitalisasi pelayanan kesehatan, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) menjadi elemen penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional rumah sakit. Instalasi SIMRS merupakan unit kerja yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Namun, implementasi dan pengembangan SIMRS sering menghadapi tantan…
Layanan Kariadi One Stop Digital Payment Palvijoen Eksekutif Garuda merupakan layanan pembayaran 1 pintu yang dikemas secara digital untuk mempermudah proses pembayaran tagihan layanan kesehatan yang sudah didapatkan oleh pasien, pengembangan ini berupa integrasi layanan digital payment dengan Kariadi Mobile dan WhatsApp notifkasi, selain itu juga menyediakan Kasir Digital untuk dapat melakuk…
Saat ini pelaksanaan pengambilan persetujuan umum (general consent) kepada pasien baru di rumah sakit dr kariadi semarang di lakukan saat pasien pertama kali datang di loket pendaftaran. Pertama bagi pasien baru akan di layani terlebih dahulu di loket pendaftaran, di input data dasar, di verifikasi kesesuaian data oleh petugas pendaftaran. Dan terakhir di terbitkan/di buatkan register sesuai po…
Proposal ini dibuat dalam rangka mengikuti event Kariadi Lean Innovation Competition (KLIC) 2025, membuat inovasi untuk menyelesaikan masalah berkelanjutan dan menciptakan lingkungan kerja yang stabil bagi petugas dan pasien di pendaftaran IGD dan rawat inap. RSUP dr Kariadi saat ini sudah banyak melakukan perubahan terutama di digitalisasi sistem dengan tujuan mempermudah akses pasien mempero…
BOR RS kariadi dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelaporan rekam medis dan TPPRI maupun semua ruangan untuk mengetahui jumlah BOR per ruang
Pengelolaan klaim JKN rawat inap, meliputi kegiatan : (1) pendokumentasian ajuan klaim JKN oleh koder rawat inap, (2) koding dan grouping oleh koder rawat inap, (3) Audit koding oleh Tim Audit Koding, (4) Penyelesaian Permasalahan Klaim JKN meliputi pending klaim, Audit Satuan Pemeriksa Internal BPJS, verifikasi paska klaim BPJS oleh Tim Audit Koding (5) Identifikasi kelengkapan berkas ajuan kl…
Pediatric Intensive Care Unit (PICU) merupakan ruang perawatan untuk anak dengan kondisi kritis.Anak yang dirawat di ruang tersebut adalah anak yang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius dimana telah dilakukan pemeriksaan diagnostik sehingga mengharuskan anak dirawat di ruangan intensif. Dalam memberikan pelayanan di Ruang kritis anak membutuhkan berbagai macam pengobatan dan menggu…
Intensive Coronary Care Unit (ICCU) adalah unit perawatan intensif untuk penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner, serangan jantung, gangguan irama jantung yang berat, dan gagal jantung. Ruangan ini dikhususkan pada pasien yang membutuhkan penanganan intensif. Salah satu layanan prima yang penting dalam pemberian asuhan keperawatan di Rumah Sakit adalah dengan pemberian informasi yan…
Intensive Care Unit (ICU) merupakan unit pelayanan khusus yang menangani pasien dengan kondisi kritis dan memerlukan pengawasan serta penanganan intensif secara terus-menerus. Keberadaan pasien di ICU tidak hanya berdampak pada kondisi fisik dan psikologis pasien itu sendiri, tetapi juga memberikan tekanan emosional yang tinggi kepada keluarga pasien. Oleh karena itu, pemberian edukasi yang tep…
Pelayanan kesehatan di rumah sakit merupakan pemenuhan kebutuhan dan juga tuntutan dari pemakai jasa pelayanan (pasien) yang mengharapkan penyembuhan yang serta pemulihan yang aman dan berkualitas. Saat ini pelayanan pasien tidak hanya berfokus pada kepuasan pasien namun lebih penting berfokus pada keselamatan pasien (Patient Safety). Keselamatan pasien (Patient safety) adalah bagian penting …
JESIKA (Jelajah Asik Kariadi) adalah aplikasi navigasi digital yang dikembangkan untuk membantu pasien dan pengunjung Rumah Sakit Kariadi dalam menemukan lokasi fasilitas yang pengunjung butuhkan dengan lebih cepat dan efisien. Mengingat luasnya kompleks Rumah Sakit Kariadi serta banyaknya gedung dan unit layanan yang ada, pengunjung sering mengalami kesulitan dalam mencari ruangan yang dituju.…
Instalasi Rawat Jalan (IRJA) merupakan salah satu unit vital dalam pelayanan di RS. Kariadi Semarang. Kejelasan pelayanan masih menjadi masalah krusial di IRJA, termasuk transparansi antrian di IRJA. Kondisi saat ini, pendaftaran online telah menyediakan nomor antrian secara otomatis, permasalahan yang terjadi saat ini pemanggilan antrian masih dilakukan manual melalui pengeras suara sehingga s…
Komunikasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Komunikasi yang efektif merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemberi layanan kepada pasien atau keluarga agar informasi yang diberikan terkait pelayanan dapat diterima oleh pasien atau keluarga dengan baik,sehingga meminimalkan terjadinya komplain atau ketidak puasan. Pemberian informasi atau edukasi ya…
Ruang Kenari di RS Kariadi merupakan ruang perawatan khusus untuk pasien dengan masalah kesehatan mental (psikiatri). Pasien yang dirawat memiliki gejala yang mempengaruhi proses pikir sehingga pasien psikiatri dianggap tidak kompeten dalam membuat keputusan. Adanya masalah dalam proses pikir ini menyebabkan pasien menolak untuk dirawat karena merasa tidak sakit dan tidak perlu minum obat psiki…
Program layanan KemoCare merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Instalasi Onkologi yang bertujuan meningkatkan kenyamanan, efisiensi, dan efektivitas perawatan pasien kanker. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan pendekatan yang holistik, berbasis teknologi, serta didukung oleh tenaga kesehatan yang kompeten. Gambaran layanan yang diberikan adalah …
Pada usia lanjut, pasien sering kali menghadapi tantangan fisik, mental, dan emosional yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Proses penyembuhan atau perawatan medis di rumah sakit menjadi lebih kompleks, karena selain kondisi fisik yang memburuk, pasien lanjut usia (lansia) juga kerap mengalami perasaan cemas, ketakutan, dan kesepian. Salah satu aspek penting d…