Laporan Kegiatan
Pelatihan Manajer Pelayanan Pasien (MPP) bagi Dokter dan Perawat di Rumah Sakit (bekerjasama dengan RSD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang) Tahun 2024
Rumah sakit mempertimbangkan bahwa asuhan di rumah sakit merupakan bagian
dari suatu sistem pelayanan yang terintegrasi dengan para professional pemberi asuhan
(PPA) dan tingkat pelayanan yang akan membangun suatu kesinambungan pelayanan.
Dimulai dengan skrining, yang tidak lain adalah memeriksa pasien secara cepat, untuk
mengidentifikasi kebutuhan pasien. Tujuan sistem pelayanan yang terintegrasi adalah
menyelaraskan kebutuhan asuhan pasien dengan pelayanan yang tersedia di rumah sakit,
mengkoordinasikan pelayanan, merencanakan pemulangan dan tindakan selanjutnya.
Hasil yang diharapkan dari proses asuhan di rumah sakit adalah meningkatkan mutu
asuhan pasien dan efisiensi penggunaan sumber daya yang tersedia di rumah sakit.
Monitoring dan perbaikan proses ini bermanfaat untuk mengatasi masalah
penumpukan pasien. Semua staf rumah sakit, mulai dari unit gawat darurat, unit rawat
inap, staf medis, keperawatan, administrasi, lingkungan, dan manajemen risiko dapat ikut
berperan serta menyelesaikan masalah alur pasien ini. Koordinasi dapat dilakukan oleh
Manajer Pelayanan Pasien (MPP).
No other version available