Laporan Kegiatan
Pelatihan Manajer Pelayanan Pasien (MPP) Bagi Dokter dan Perawat Di Rumah Sakit Tahun 2024: Angktan I
Rumah sakit mempertimbangkan bahwa asuhan di rumah sakit merupakan bagian
dari suatu sistem pelayanan yang terintegrasi dengan para professional pemberi asuhan
(PPA) dan tingkat pelayanan yang akan membangun suatu kesinambungan pelayanan.
Dimulai dengan skrining, yang tidak lain adalah memeriksa pasien secara cepat, untuk
mengidentifikasi kebutuhan pasien. Tujuan sistem pelayanan yang terintegrasi adalah
menyelaraskan kebutuhan asuhan pasien dengan pelayanan yang tersedia di rumah sakit,
mengkoordinasikan pelayanan, merencanakan pemulangan dan tindakan selanjutnya. Hasil
yang diharapkan dari proses asuhan di rumah sakit adalah meningkatkan mutu asuhan
pasien dan efisiensi penggunaan sumber daya yang tersedia di rumah sakit.
Monitoring dan perbaikan proses ini bermanfaat untuk mengatasi masalah penumpukan
pasien. Semua staf rumah sakit, mulai dari unit gawat darurat, unit rawat inap, staf medis,
keperawatan, administrasi, lingkungan, dan manajemen risiko dapat ikut berperan serta
menyelesaikan masalah alur pasien ini. Koordinasi dapat dilakukan oleh Manajer Pelayanan
Pasien (MPP)/Case Manajer
Staf rumah sakit yang ditugaskan sebagai MPP perlu memiliki kemampuan yang baik untuk
melaksanakan tugasnya. Pelatihan-pelatihan yang saat ini dilakukan sebagian besar
dilakukan dilaksanakan di luar rumah sakit. Pelatihan ini dilaksanakan di rumah sakit dengan
harapan memberikan pengalaman bagaimana tata kelola MPP di rumah sakit, sehingga
peserta memiliki pengalaman yang nyata bagaimana pelaksanaanya di rumah sakit.
Berdasarkan latar belakang di atas diperlukan acuan untuk pelatihan tersebut, maka disusun
kurikulum pelatihan MPP bagi tenaga Kesehatan di RS.
No other version available