Laporan Kegiatan
Workshop Penyusunan Modul Pelayanan Prima Tahun 2024
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi
untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan
pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau
lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk
menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementara
untuk bisnis jasa pelayanan prima diberikan dalam bentuk pelayanan maksimal kepada
pelanggan, dengan cara menciptakan pengalaman pelayanan Pelanggan (ultimate
customer experience).
Pelayanan Prima di Rumah Sakit adalah pelayanan terbaik yang diberikan oleh
karyawan RS untuk memenuhi atau bahkan melampaui harapan pengguna jasa rumah
sakit. Dimana harapan ini ditentukan oleh pengalaman masa lalu terhadap jasa atau
produk yang pernah digunakan, Informasi layanan yang diterima dari berbagai sumber
atau janji-janji dan faktor internal dari pengguna jasa yaitu dari pengguna jasa rumah sakit
sendiri. Unsur unsur melayani prima sebagaimana dimaksud dengan pelayanan umum,
sesuai keputusan Menpan No. 81/1993, yaitu (1). Kesederhanaan, (2). Kejelasan dan
Kepastian, (3). Keamanan, (4). Keterbukaan, (5) Efisien, (6). Ekonomis, (7). Keadilan yang
merata, (8). Ketepatan waktu.
No other version available