Laporan Kegiatan
Workshop Pelayanan Prima Tahun 2024
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi
untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan
pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau
lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk
menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementara
untuk bisnis jasa pelayanan prima diberikan dalam bentuk pelayanan maksimal kepada
pelanggan, dengan cara menciptakan pengalaman pelayanan Pelanggan (ultimate
customer experience).
Dasar rumah sakit dibangun adalah untuk memberikan pelayanan kepada pasien.
Dalam perkembangan waktu, sebagaimana juga dengan industri jasa lainnya, salah satu
syarat utama agar rumah sakit dapat survive adalah bila mampu memberi pelayanan prima
pada pelanggannya. Hal ini merupakan tantangan yang sangat berat bagi pengelola
Rumah Sakit di Indonesia. Salah satu solusi dalam meningkatkan daya saing Rumah Sakit
adalah dengan melakukan tindakan nyata dalam meningkatkan pelayanan di rumah sakit
baik yang bersifat medik maupun non medik, terutama yang bersifat Customer Oriented.
Salah satunya adalah bagaimana petugas kesehatan memberikan pelayanan prima
kepada pasien dan keluarga sehingga dengan adanya pelayanan prima ini pasien maupun
keluarga akan merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan, sehingga
mereka akan menjadi sumber ”voice of mouth” yang positif
No other version available