Karya Inovasi
Pesan Makan di Gizi (Pemaniz)
Pelayanan gizi merupakan bagian penting dalam upaya pelayanan kesehatan pasien.
Kesalahan pemberian diit dapat mengakibatkan ketidaktepatan pemberian diit yang
berdampak pada kesembuhan serta menimbulkan komplain terkait pelayanan gizi oleh
pasien. Pengambilan data yang diambil di Ruang Garuda B Lantai 3 sejak bulan Januari
hingga Oktober 2024 setidaknya terdapat satu kesalahan pemberian diit atau komplain
pasien terkait pelayanan gizi setiap bulannya. Perubahan cara pesan makan di gizi yang
sebelumnya melalui telefon menjadi pengisian link pesan makan di gizi diharapkan mampu
mengatasi permasalahan tersebut. Pengisian link dilakukan oleh perawat jaga ruangan
dan diterima oleh petugas gizi klinis dan pramusaji.
Evaluasi inovasi dilakukan 3 tahap yaitu (1) tersedianya link pesan makan di
gizi, (2) ketercapaian pesan makan di gizi melalui link hingga 90%, dan (3) kesesuaian
diit yang dipesan dan diberikan oleh gizi tercapai target 85%, serta komplain pasien
terkait diit gizi menurun tercapai target maksimal 5x dalam periode penilaian 10 bulan.
Rekomendasi kedepan diharapkan ada perbaikan sistem berupa website atau aplikasi dalam
pelayanan pesan makan di gizi sehingga pemesanan diit bisa dilakukan bersama pasien
saat kunjungan dokter dan dapat diimplementasikan di seluruh ruang rawat inap RS
Kariadi Semarang.
No other version available