Karya Inovasi
Patients Boarding Pass Poliklinik Onkologi
Unit onkologi merupakan salah satu unit layanan unggulan RSUP DR. Kariadi dengan
jumlah pasien yang cukup tinggi setiap harinya. Sebagian besar pasien yang datang
memerlukan perawatan lanjutan seperti konsultasi dengan dokter sub-spesialis,
kemoterapi, dan pemeriksaan diagnostic canggih lainnya.
Saat ini, proses pelayanan rawat jalan masih terpusat di lantai satu dan lantai dua,
yang menyebabkan kepadatan yang signifikan. Faktor utama penyebab kepadatan ini
antara lain:
⚫ Pasien datang dalam rentang waktu yang hampir bersamaan menyebabkan
antrian di loket pendaftaran dan ruang tunggu menjadi sangat panjang.
⚫ Proses administrasi (finger print) masih dilakukan di masing-masing poli, yang
memperpanjang waktu tunggu pasien.
⚫ Ruang tunggu yang terbatas, menyebabkan pasien harus berdiri atau menunggu
di lorong rumah sakit.
⚫ Kondisi pasien di area onkologi yang umumnya dalam keadaan lemah , semakin
memperburuk kenyamanan mereka saat harus menunggu lama dalam antrean.
Disisi lain kepadatan juga berdampak pada efisiensi kerja tenaga medis dan
administrasi, yang harus menangani jumlah pasien yang banyak dalam waktu terbatas.
Tenaga medis sering kali mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal konsultasi dan
pemeriksaan karena keterlambatan administrasi pasien.
No other version available