Karya Inovasi
Alansa Bintang 5
Ruang Anak Lantai 1 saat ini belum memiliki sistematika khusus untuk bisa mendapatkan ulasan dari pasien terkait kepuasan pelayanan yang telah diberikan, sehingga diperlukan adanya inovasi program untuk mencapai hal tersebut. Dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien, Ruang Anak Lantai 1 menerapkan beberapa langkah sistematis dengan memanfaatkan digitalisasi. Inovasi program yang diterapkan yaitu Alansa Bintang 5. Program Alansa Bintang 5 dirancang dari perpaduan antara optimalisasi pemberian layanan dengan aplikasi digitalisasi. Program Alansa Bintang 5 juga melibatkan partisipasi pasien dan keluarga dalam memberikan umpan balik melalui platform Google Review. Langkah – langkahnya meliputi :
a. Pemberian pelayanan, khususnya perawat harus memberikan yang terbaik untuk pasien dan keluarga pasien. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip 3T1D, yaitu Tanyakan keluhan pasien, Tanyakan pelayanan yang diberikan, Tanyakan fasilitas dan sarana, Doakan kesembuhan pasien.
b. Informasikan tentang cara pengisian google review dan temani pasien saat pengisian google review. Pengisian google review mungkin saja belum diketahui oleh banyak orang, sehingga dalam pengisiannya perlu didampingi oleh perawat dan apabila ada pertanyaan dari pasien/keluarga pasien dapat langsung direspon oleh perawat, serta memastikan bahwa pasien dan keluarga merasa didampingi selama proses pengisian tersebut.
c. Saat mendampingi pasien/keluarga pasien dalam pengisian google review anjurkan untuk memberikan feedback ataupun masukan yang positif atas pelayanan yang diterima, dan memberikan bintang lima. Seperti kita ketahui, isi ulasan dari pelanggan yang terdapat dalam google review akan dibaca dan dengan mudah diakses oleh orang lain sebagai pelanggan, sehingga baik buruknya penilaian dari masyarakat umum terhadap pelayanan di Rumah Sakit Dr Kariadi Semarang akan bergantung dari ulasan yang ada pada google review, dengan kata lain adanya ulasan pada google review dapat dijadikan sebagai acuan oleh para calon pelanggan untuk menentukan fasilitas kesehatan mana yang mereka pilih berdasarkan tingkat kepuasan dari pelanggan sebelumnya yang tercermin dalam google review.
d. Setelah pasien selesai mengisi google review adalah Give reward kepada pasien/keluarga pasien sebagai apresiasi atas partisipasi dan kerja sama dalam pengisian ulasan google review. Reward yang diberikan berupa kartu ucapan dan sebuah barang yang dapat dikenang. setelah pasien selesai mengisi google review adalah Give reward kepada pasien/keluarga pasien sebagai apresiasi atas partisipasi dan kerja sama dalam pengisian ulasan google review. Reward yang diberikan berupa kartu ucapan dan sebuah barang yang dapat dikenang.
No other version available