Karya Inovasi
Antri Pintar: Sistem Antrian Live Digital sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Rawat Jalan
Instalasi Rawat Jalan (IRJA) merupakan salah satu unit vital dalam pelayanan di RS. Kariadi Semarang. Kejelasan pelayanan masih menjadi masalah krusial di IRJA, termasuk transparansi antrian di IRJA. Kondisi saat ini, pendaftaran online telah menyediakan nomor antrian secara otomatis, permasalahan yang terjadi saat ini pemanggilan antrian masih dilakukan manual melalui pengeras suara sehingga seringkali pasien tidak dapat mendengarkan saat kondisi ruangan yang penuh atau tidak kebagian tempat duduk. Hal tersebut menyebabkan sebagian besar pasien menunggu tepat di depan pintu kamar periksa sehingga mengganggu proses pemeriksaan serta membuat pelanggan tidak nyaman dan terkesat tidak teratur. Inovasi “ANTRI PINTAR: Sistem Antrian Live Digital Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Rawat Jalan” menjadi solusi tepat penyelesaian permasalahan krusial yang terjadi di IRJA. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi digital untuk optimalisasi pelayanan dengan mewujudukan kejelasan pelayanan dan transparansi pelayanan melalui sistem antrian live yang bisa diakses dengan mudah oleh pasien sehingga pasien dapat melihat progress antrian tanpa berada di dekat poliklinik pelayanan. Sistem awal dijalankan secara bertahap satu poli sebagai pilot project selama satu bulan, selanjutnya akan dievaluasi. Apabila pilot project menunjukkan dampak positif, maka dilakukan upgrade ke
integrasi penuh.
No other version available