Karya Inovasi
SI FAST (Evaluasi Fasilitator Pembelajaran)
Perawat pendidik memegang peran penting dalam pembelajaran klinik keperawatan di rumah sakit. Perawat pendidik merancang pembelajaran berkualitas tinggi untuk perawat sesuai dengan kebutuhan. Agar sebuah pembelajaran berjalan dengan baik, maka dalam sebuah pembelajaran, peran seorang fasilitator sangatlah penting untuk merancang, menyampaikan, dan mengelola sebuah pembelajaran guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Begitu pula pada pembelajaran klinik dengan metode hands on learning, fungsi seorang fasilitator sangatlah dominan untuk membawa proses pembelajaran menjadi sebuah kolaborasi yang baik antara fasilitator dan peserta dengan mengajak peserta berlatih, berpikir kritis dan analisis, berdiskusi bersama-sama, dan membantu peserta menemukan kesimpulan atau jawaban. Oleh sebab itu tidaklah mudah memilih seorang fasilitator yang benar-benar kompeten dalam sebuah hands on learning, fasilitator tersebut tidak hanya memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai namun mampu juga mengemas proses pembelajaran menjadi lebih efektif dimulai dari tahap perencanaan sampai dengan evaluasi sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai dengan baik.
Perawat pendidik merancang sebuah inovasi untuk mengevaluasi kemampuan fasilitator dalam mengampu pembelajaran klinik hands on learning dengan sebuah tools yang sama. Dengan evaluasi ini kami berharap akan mendapatkan seorang fasilitator yang benar-benar kompeten di bidangnya dan mampu membawa proses pembelajaran tersebut sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
Pada awal pemilihan fasilitator, perawat pendidik memilih fasilitator dengan beberapa kriteria yang ditetapkan. Beberapa kriteria awal yang ditetapkan adalah setidaknya minimal memiliki pengalaman kerja 5 tahun di area klinik yang sesuai, pendidikan minimal s1 keperawatan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tersertifikasi sesuai keahlian dan atau direkomendasikan oleh kelompok staf keperawatan yang sesuai. Oleh sebab itu pentingnya evaluasi fasilitator ini diharapkan bahwa fasilitator tersebut benar-benar kompeten dalam mengampu pembelajaran klinik hands on learning sesuai kriteria yang sudah ditetapkan.
Dalam inovasi ini perawat pendidik menilai fasilitator dalam 4 tahap dalam mengampu sebuah pembelajaran hands on yang harus dilalui yaitu perencanaan, briefing atau orientasi, round (implementasi) dan post round (evaluasi). Hands on learning dengan pendekatan bedside teaching merupakan pembelajaran kontekstual dan interaktif yang mendekatkan pembelajaran pada real clinical setting. Pada metode pembelajaran ini fasilitator harus mampu memberikan bimbingan dan umpan balik pada peserta untuk dapat mengaplikasikan kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif secara terintegrasi. Penilaian ini dilakukan oleh perawat pendidik pada saat awal seorang fasilitator mengajar/ mengampu topik yang diberikan. Melalui observasi dengan mengikuti seluruh proses pembelajaran tersebut secara lengkap dari awal sampai akhir, memungkinkan perawat pendidik untuk dapat memberikan penilaian yang obyektif terhadap fasilitator dengan tools yang sama.
Inovasi ini terbukti efektif dan efisien, karena dengan adanya evaluasi fasilitator ini membantu perawat pendidik mendapatkan fasilitator yang kompeten sesuai dengan parameter yang sama yang telah ditetapkan. Dengan fasilitator yang memiliki kemampuan yang sama dalam mengampu proses pembelajaran hands on diharapkan transfering ilmu yang dilakukan oleh fasilitator akan membuat para peserta pembelajaran lebih mudah menerima pengetahuan dan meningkatnya ketrampilan dalam melakukan proses keperawatan. Inovasi ini juga efisien karena dapat menentukan fasilitator yang kompeten secara cepat, tidak memerlukan waktu yang lama dalam menentukan lanjut atau tidaknya seorang fasilitator mengampu pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi fasilitator, setidaknya ada 3 orang fasilitator yang akhirnya tergantikan oleh fasilitator lain karena mereka kurang mampu mengajar dengan baik.
Output dari kegiatan inovasi ini adalah mendapatkan fasilitator yang benar-benar kompeten sesuai dengan kriteria/ indikator yang sudah ditetapkan dalam mengampu sebuah pembelajaran klinik dengan metode hands on learning dengan pendekatan bedside teaching.
No other version available