Karya Inovasi
Redesain pelayanan bariatrik di RS Kariadi 2025
Salah satu pelayanan yang diberikan RSUP Dr. Kariadi adalah tindakan
bariatrik, dimana pelaksanaannya dapat menggunakan pembiayaan JKN. Operasi
bariatrik adalah pembedahan yang dilakukan untuk membantu menurunkan berat
badan. Prosedur ini biasanya dilakukan pada penderita obesitas yang sulit diatasi
hanya dengan diet dan olahraga. Pembiayaan bariatrik menggunakan JKN berisiko
menimbulkan kerugian bagi rumah sakit karena selisih tarif rumah sakit dengan coding
minus, ataupun unklaim karena berdasarkan Perpres No 82 tahun 2018 ada 21 jenis
penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan, salah satunya perawatan yang
berhubungan dengan kecantikan dan estetika. Pasien-pasien yang memutuskan
melakukan tindakan bariatrik dengan harapan dapat menurunkan berat badannya
sesuai idealnya.
Studi pendahuluan di beberapa rumah sakit swasta di Semarang yang
melayani tindakan bariatrik didapatkan semuanya menggunakan pembiayaan umum.
Oleh karenanya, berdasarkan data yang diatas maka MPP berusaha untuk
memperbaiki pelayanan bariatrik di RSUP Dr. Kariadi Semarang untuk meminimalkan
kerugian rumah sakit dan meningkatkan pendapatan rumah sakit melalui inovasi
“Redesain Pelayanan Bariatrik”. Tujuan inovasi ini adalah perbaikan pelayanan
pasien bariatrik secara efektif dan efisien, meningkatkan kepuasan pasien,
meminimalkan kerugian rumah sakit dan peningkatan pendapatan rumah sakit.
Langkah-langkah tindakan yang dilakukan dalam redesain pelayanan bariatrik
meliputi edukasi pasien, edukasi tentang persiapan dan alur pelaksanaan, koordinasi
tim untuk pertemuan dengan pasien, koordinasi untuk persiapan skreening, dan
koordinasi untuk menyiapkan ruang rawat, koordinasi dengan IBS dan ICU dan
pengelolaan discharge planning serta monitor dan evaluasi perkembangan pasien.
Inovasi yang dilakukan dengan pembuatan tarif paket bariatric, usulan pemberian
diskon pasien, sewa kamar perawatan selama perawatan di ICU, dan kemudahan cara
pembayaran.
Hasil dari inovasi ini antara lain pelayanan bariatrik menjadi pelayanan privat
dengan telah tersedia tarif paket pelayanan. Pelayanan yang berfokus pada pasien
dapat ditingkatakan dengan pengelolaan MPP sejak persiapan hingga paska rawat
inap dan adanya pertemuan pasien dengan multidisiplin tim, pasien mendapatkan
informasi lebih adekuat, keterlibatan pasien dalam pengambilan keputusan lebih tinggi.
Pelayanan bariatrik bisa berjalan secara lebih efektif dan efisien, dapat memberikan
kemudahan pelayanan, dan lebih meningkatkan kepuasan pasien.
No other version available