Laporan Kegiatan
Laporan Workshop Pelayanan Prima 2024
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementara untuk bisnis jasa pelayanan prima diberikan dalam bentuk pelayanan maksimal kepada pelanggan, dengan cara menciptakan pengalaman pelayanan Pelanggan (ultimate customer experience).\r\nDasar rumah sakit dibangun adalah untuk memberikan pelayanan kepada pasien. Dalam perkembangan waktu, sebagaimana juga dengan industri jasa lainnya, salah satu syarat utama agar rumah sakit dapat survive adalah bila mampu memberi pelayanan prima pada pelanggannya. Hal ini merupakan tantangan yang sangat berat bagi pengelola Rumah Sakit di Indonesia. Salah satu solusi dalam meningkatkan daya saing Rumah Sakit adalah dengan melakukan tindakan nyata dalam meningkatkan pelayanan di rumah sakit baik yang bersifat medik maupun non medik, terutama yang bersifat Customer Oriented. Salah satunya adalah bagaimana petugas kesehatan memberikan pelayanan prima kepada pasien dan keluarga sehingga dengan adanya pelayanan prima ini pasien maupun keluarga akan merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan, sehingga mereka akan menjadi sumber â€voice of mouth†yang positif.\r\nPelayanan Prima di Rumah Sakit adalah pelayanan terbaik yang diberikan oleh karyawan RS untuk memenuhi atau bahkan melampaui harapan pengguna jasa rumah sakit. Dimana harapan ini ditentukan oleh pengalaman masa lalu terhadap jasa atau produk yang pernah digunakan, Informasi layanan yang diterima dari berbagai sumber atau janji-janji dan faktor internal dari pengguna jasa yaitu dari pengguna jasa rumah sakit sendiri. Unsur unsur melayani prima sebagaimana dimaksud dengan pelayanan umum, sesuai keputusan Menpan No. 81/1993, yaitu (1). Kesederhanaan, (2). Kejelasan dan Kepastian, (3). Keamanan, (4). Keterbukaan, (5) Efisien, (6). Ekonomis, (7). Keadilan yang merata, (8). Ketepatan waktu.\r\nDalam rangka terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan (Pasien & Keluarga Pasien), RS. Kariadi berupaya meningkatkan kapasitas yang memadai (knowledge, skills, attitude) dari seluruh Service Person & Service Team, serta Calon-calon Internal Trainer Service Excellence dengan menyelenggarakan rangkaian pelatihan, pembelajaran, pendampingan dan pemberdayaan pelayanan unggul yang berdaya guna dan berkesinambungan dalam jangka panjang.
No other version available