Laporan Kegiatan
Laporan Pelatihan Manajer Pelayanan Pasien (MPP) Bagi Dokter Dan Perawat (Dipasarkan) Di RSUP Dr. Kariadi Semarang 2025
Rumah sakit mempertimbangkan bahwa asuhan di rumah sakit merupakan bagian dari suatu
sistem pelayanan yang terintegrasi dengan para professional pemberi asuhan (PPA) dan tingkat
pelayanan yang akan membangun suatu kesinambungan pelayanan. Dimulai dengan skrining, yang tidak
lain adalah memeriksa pasien secara cepat, untuk mengidentifikasi kebutuhan pasien. Tujuan sistem
pelayanan yang terintegrasi adalah menyelaraskan kebutuhan asuhan pasien dengan pelayanan yang
tersedia di rumah sakit, mengkoordinasikan pelayanan, merencanakan pemulangan dan tindakan
selanjutnya. Hasil yang diharapkan dari proses asuhan di rumah sakit adalah meningkatkan mutu asuhan
pasien dan efisiensi penggunaan sumber daya yang tersedia di rumah sakit.
Monitoring dan perbaikan proses ini bermanfaat untuk mengatasi masalah penumpukan pasien.
Semua staf rumah sakit, mulai dari unit gawat darurat, unit rawat inap, staf medis, keperawatan,
administrasi, lingkungan, dan manajemen risiko dapat ikut berperan serta menyelesaikan masalah alur
pasien ini. Koordinasi dapat dilakukan oleh Manajer Pelayanan Pasien (MPP)/Case Manajer
Staf rumah sakit yang ditugaskan sebagai MPP perlu memiliki kemampuan yang baik untuk
melaksanakan tugasnya. Pelatihan-pelatihan yang saat ini dilakukan sebagian besar dilakukan
dilaksanakan di luar rumah sakit. Pelatihan ini dilaksanakan di rumah sakit dengan harapan memberikan
pengalaman bagaimana tata kelola MPP di rumah sakit, sehingga peserta memiliki pengalaman yang
nyata bagaimana pelaksanaanya di rumah sakit. Berdasarkan latar belakang di atas diperlukan acuan
untuk pelatihan tersebut, maka disusun kurikulum pelatihan MPP bagi tenaga Kesehatan di RS.
No other version available