Laporan Kegiatan
Laporan Workshop Clinical Teaching Untuk Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) Pasien Sebagai Staf Pengajar Klinis 2025
Pendidikan kedokteran merupakan salah satu komponen strategis dalammencetak tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, dan berorientasi padakeselamatan pasien. Dalam proses pembelajaran tersebut, pendidikanklinikmemainkan peran penting sebagai wadah pembelajaran berbasis praktikyangmemungkinkan mahasiswa untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dasar denganketerampilan klinik serta pengambilan keputusan berbasis bukti. Untuk itu, diperlukanupaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan klinik, baik dari segi
metode pengajaran, pendekatan penilaian, maupun kemampuan pendidik klinisdalammendampingi mahasiswa. Sebagai institusi yang memiliki komitmen kuat terhadap peningkatanmutupendidikan. Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi pengembangan kapasitaspendidik klinis yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan dosen dan dokter dalammemberikan pembelajaran yang efektif, efisien, dan berpusat pada kebutuhanmahasiswa. Workshop ini juga dirancang untuk membekali para pendidik denganpendekatan-pendekatan modern dalam pembelajaran klinik, yang tidak hanyaberfokuspada penguasaan keterampilan teknis tetapi juga pada aspek etika, komunikasi, danprofesionalisme. Melalui workshop ini, para peserta akan mendalami berbagai materi pentingseperti prinsip pendidikan dan penilaian klinik, teknik bedside teaching, one-minutepreceptor, hingga strategi memberikan umpan balik yang konstruktif. Selain itu, pesertaakan diperkenalkan dengan berbagai metode evaluasi klinik terkini seperti Mini-CEX, DOPS, OSCE, serta penilaian berbasis etika menggunakan MSF dan 360°. Tidakhanyasebatas teori, kegiatan ini juga akan dilengkapi dengan simulasi interaktif, sehinggapeserta memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehdalamskenario nyata. Workshop Clinical Teaching ini juga merupakan wujud nyata komitmenRSKariadi dalam mendukung penerapan pendidikan berbasis kompetensi. Hal ini sejalandengan tuntutan dunia kedokteran modern yang tidak hanya menuntut tenagakesehatan yang terampil secara klinis tetapi juga mampu memberikan pelayananberbasis biopsikososial dan spiritual.
Laporan Workshop Clinical Teaching 2Dengan menciptakan pendidik yang berkualitas, diharapkan lulusan kedokterandapat memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat yang semakin kompleksdan dinamis. Pembelajaran di setting klinik adalah tahap pembelajaran yangsangat
penting dalam pendidikan dokter maupun dokter spesialis. Pendidikan klinisakanmemberi pengalaman sesungguhnya tentang bagaimana menjalani profesi dokter. Sejalan dengan metode yang dijalankan, pada tahap ini akan terjalin hubungankuat
antara ketiga komponen penting dalam pembelajaran di kedokteran yaitu antaradokter, mahasiswa, dan pasien melalui proses pembelajaran yang memajankan mahasiswapada kasus klinik di pusat pelayanan kesehatan baik yang berbasis RumahSakit
maupun masyarakat.
No other version available