TELAPAK dikembangkan karena keprihatinan melihat kondisi Depo Rajawali yang sering padat dengan petugas ruangan yang menunggu obat dalam jangka waktu yang tidak sebentar, baik obat pulang maupun obat cito untuk tindakan maupun kegawatan, utamanya di antara jam 07.00-12.00. Depo Rajawali sendiri adalah salah satu depo di RSUP Dr Kariadi Semarang yang beroperasi 24 Jam dan melayani obat untuk pas…
Instalasi Farmasi RSUP Dr. Kariadi berkomitmen untuk dalam mendukung program efisiensi RSUP Dr. Kariadi Semarang dan selalu berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan farmasi. Dalam rangka mendukung program tersebut Intalasi farmasi membuat usulan inovasi untuk mempermudah petugas farmasi melakukan monitoring persediaan farmasi yaitu “SIMOPSI” Sistem Monitoring Persediaa…
SANJUNG merupakan inovasi yang tercipta dilatarbelakangi oleh banyak nya antrian pasien di depo farmasi IRJA RSUP Dr Kariadi yang menyebabkan kerumunan pasien dan/atau pengantar pasien di ruang tunggu farmasi terutama saat puncak pelayanan pada jam 12-15 WIB. Hal ini diakibatkan oleh pasien dan/atau pengantar pasien menunggu proses verifikasi resep saat di penerimaan resep dan menunggu pemanggi…
Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan berkualitas. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan No. HK.02.02/D/4418/2024, salah satu indikator kinerja rumah sakit adalah Rasio Beban Persediaan Farmasi terhadap Pendapatan Operasional yang idealnya ≤ 25%. Untuk memenuhi indikator tersebut, RSUP Dr. Kariadi…
Belum optimalnya proses serah terima antar petugas farmasi di depo farmasi RSUP Dr. Kariadi dilakukan melalui kegiatan mengidentifikasi masalah yang ada di unit kerja, menentukan akar penyebab masalah dibantu dengan diagram fishbone dan menyelesaikan isu melalui kegiatan-kegiatan inisiatif dilandasi dengan salah satu nilai dasar RSUP Dr. Kariadi yaitu efisien.
Clinical Pathway (CP) adalah konsep perencanaan pelayanan kesehatan terpadu atau kerangka kerja yang terstruktur dan berbasis bukti untuk memandu perawatan pasien yang dirancang untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pelayanan di rumah sakit. CP menggabungkan standar pelayanan medis dan keperawatan dalam satu kerangka kerja yang terstruktur, memungkinkan semua pihak terlibat dalam perawatan pasi…
Layanan Kariadi One Stop Digital Payment Palvijoen Eksekutif Garuda merupakan layanan pembayaran 1 pintu yang dikemas secara digital untuk mempermudah proses pembayaran tagihan layanan kesehatan yang sudah didapatkan oleh pasien, pengembangan ini berupa integrasi layanan digital payment dengan Kariadi Mobile dan WhatsApp notifkasi, selain itu juga menyediakan Kasir Digital untuk dapat melakuk…
Unit Binatu merupakan unit penunjang yang melayani proses pencucian linen untuk pasien, baju kerja pegawai, dan linen untuk paket bedah. Di Rumah Sakit Dr. Kariadi saat ini rata - rata sehari pencucian linen kurang lebih 4 - 4,5 ton. Jenis linen yang dicucikan seperti linen bedah, baju kerja pegawai dan linen untuk pasien. Dengan banyaknya linen yang dicucikan, maka kebutuhan untuk dokumentasi …
Sterilisasi Rumah Sakit merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam pengendalian infeksi. Adapun tugas dan fungsinya antara lain menyediakan alkes dan linen steril untuk mendukung kelancaran pelayanan tindakan di kamar operasi dan ruang perawatan pasien. Siklus proses sterilisasi yang panjang mulai dari precleaning dan cleaning, uji kelayakan, pengemasan, labeling, sterilisasi, distribu…
Saat ini pelaksanaan pengambilan persetujuan umum (general consent) kepada pasien baru di rumah sakit dr kariadi semarang di lakukan saat pasien pertama kali datang di loket pendaftaran. Pertama bagi pasien baru akan di layani terlebih dahulu di loket pendaftaran, di input data dasar, di verifikasi kesesuaian data oleh petugas pendaftaran. Dan terakhir di terbitkan/di buatkan register sesuai po…
Pengelolaan Dokumen Rekam Medis (DRM) di rumah sakit selama ini memerlukan penggunaan map DRM Rawat Inap, yang setiap tiga bulan membutuhkan sekitar 5000 map. Hal ini mengakibatkan pengeluaran anggaran yang besar serta tambahan beban kerja bagi petugas penyimpanan. Inovasi ini bertujuan untuk menghilangkan penggunaan map DRM Rawat Inap dengan mengganti sistem penyimpanan berbasis bulandan ang…
Saat ini, pencatatan kasus kanker masih menghadapi berbagai tantangan, seperti pencatatan manual, efisiensi waktu dalam akses data, serta belum terintegrasi dalam system manajemen rumah sakit. Permasalahan utama yang dihadapi adalah sumber data yang digunakan untuk pengisian variable registrasi kanker tersebar di berbagai lokus tempat meski sudah diwadahi dalam satu kantong aplikasi RME, sehing…
Komite Keperawatan adalah wadah non-struktural Rumah Sakit yang mempunyai fungsi utama mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme tenaga keperawatan melalui mekanisme Kredensial, penjagaan mutu profesi dan pemeliharaan etika dan disiplin profesi, sehingga pelayanan asuhan keperawatan dan asuhan kebidanan kepada Pasien diberikan secara benar (ilmiah) sesuai standar yang baik (etis) sesuai k…
Paduka Kaged (Optimalisasi Upaya Mendukung Kelengkapan Berkas Klaim BPJS dengan Kepatuhan Image Upload) merupakan salah satu inovasi yang akan diimplementasikan di ruang Obstetri pada tahun 2025 ini sebagai upaya perbaikan meningkatkan kelengkapan rekam medis.. Mengingat berdasarkan hasil penelitian di RSUP Dr Kariadi Semarang yang telah dipublikasikan di JMIKI Oktober tahun 2022 men…
Pelayanan gizi merupakan bagian penting dalam upaya pelayanan kesehatan pasien. Kesalahan pemberian diit dapat mengakibatkan ketidaktepatan pemberian diit yang berdampak pada kesembuhan serta menimbulkan komplain terkait pelayanan gizi oleh pasien. Pengambilan data yang diambil di Ruang Garuda B Lantai 3 sejak bulan Januari hingga Oktober 2024 setidaknya terdapat satu kesalahan pemberia…