Nyeri adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling sering diadukan dalam pelayanan kesehatan. Nyeri sebagai suatu pengalaman subjektif, lebih dari itu, nyeri meliputi aspek emosional yang berhubungan dengan kerusakan jaringan nyata atau yang mungkin ada. International Association for the Study of Pain menganggap pain sebagai 'pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan yang te…
Di era pelayanan menggunakan BPJS saat ini menuntut setiap pusat-pusat pelayanan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang baik membutuhkan sarana prasarana, jenis pelayanan, mutu pelayanan dan sumber daya yang baik. Salah satu sumber daya yang dimiliki pusat pelayanan adalah sumber daya manusia yang tersertifikasi kompetensi khusus. Rumah Sakit sebagai salah satu pemberi pelayana…
Triage berasal dari kata Perancis “trier” yang digunakan untuk menggambarkan proses penyortiran dan pengorganisasian. Triage digunakan dalam komunitas layanan kesehatan untuk mengkategorikan pasien berdasarkan tingkat keparahan dan prioritas pasien memerlukan perawatan dan pemantauan. Sebagian besar pasien yang datang ke IGD Triage RSUP dr. Kariadi debiturnya adalah BPJS. Kriteria pasien …
Pelayanan laboratorium merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam upaya meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di Rumah Sakit. Hal ini mengingat pelayanan laboratorium diperlukan dalam penegakkan diagnose pasien, yang akan menjadi dasar dalam penentuan langkah selanjutnya. Kesalahan dalam memproses dan membaca hasil laboratorium dapat mengakibatkan terlambatnya pelayanan bahkan dapat…
Pelayanan laboratorium merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam upaya meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di Rumah Sakit. Hal ini mengingat pelayanan laboratorium diperlukan dalam penegakkan diagnose pasien, yang akan menjadi dasar dalam penentuan langkah selanjutnya. Kesalahan dalam memproses dan membaca hasil laboratorium dapat mengakibatkan terlambatnya pelayanan ba…
Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan ujung tombak pelayanan di rumah sakit. Rumah sakit dituntut untuk dapat memberikan pelayanan sesuai harapan masyarakat pada masa sekarang, seiring dengan peningkatan kesadaran dan tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Tingkat keberhasilan rumah sakit sangat tergantung antara lain pada mutu pelayanan, kemudahan, kecepatan, ke…
Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab terhadap pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Berdasarkan Undang - Undang Kesehatan No. 17 tahun 2023 pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai se…
Dunia penelitian, pengembangan dan pelayanan kesehatan telah banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan dibidang kesehatan dan ilmu pengetahuan di Indonesia. Posisi strategis tersebut menjadi modal bagi para ilmuwan dan penyedia layanan kesehatan untuk terus berkarya. Sesuai arahan Menteri Kesehatan RI, bahwa Rumah Sakit vertikal harus dapat menghasilkan penelitian-penelitian yang ber…
Perkembangan jenis dan teknik pemeriksaan penunjang diagnostik dibidang kedokteran akan semakin membantu tenaga medis dalam menegakkan diagnosis dan melakukan terapi lebih lanjut. Salah satu alat penunjang medis yang diperlukan dalam penegakan diagnosis dalam penyakit syaraf salah satunya adalah Electroencephalography (EEG). Electroencephalogram adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk…
Pada era pelayanan menggunakan BPJS saat ini menuntut setiap pusat pusat pelayanan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang baik membutuhkan sarana prasarana, jenis pelayanan, mutu pelayanan dan sumber daya yang baik. Salah satu sumber daya yang dimiliki pusat pelayanan adalah sumber daya manusia. Rumah Sakit sebagai salah satu pemberi pelayanan perlu menyiapkan sumber …
RS Dr.Kariadi merupakan rumah sakit vertikal yang sering menangani pasien dengan diagnosis yang komplek, populasi beragam dan dengan tindakan medis maupun keperawatan yang lanjut. Pasien juga seringkali mempunyai diagnosis komplek dan lanjut dimana seringkali pasien datang dengan beberapa penyakit penyerta atau komorbid. Tindakan yang diberikan kepada pasien tersebut juga sangat komplek…
Dewasa ini masalah HIV AIDS masih merupakan masalah Global di seluruh dunia. Angka kesakitan dan kematian selalu meningkat dari tahun ketahun di Indonesia jumlah orang yang rawan tertular HIV diperkiran 13– 20 juta orang, sedangkan orang dengan HIV AIDS diperkirakan antara 90.000– 130.000 orang. Di Jawa Tengah diperkirakan ada 15.000 orang dengan HIV positif namun sampai dengan Ta…
Adanya Akreditasi Rumah Sakit menuntut semua Rumah Sakit yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh KARS, termasuk didalamnya pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi pengelolaan perbekalan farmasi dan penggunaan perbekalan farmasi (Farmasi klinik) yang di antaranya termasuk pelayanan penyia…
Salah satu modalitas terapi kanker adalah pemberian obat kemoterapi. Pemberian obat kemoterapi memerlukan manajemen khusus agar pemberiannya aman dan safety. Perawat sebagai tenaga yang memberikan obat kemoterapi memerlukan kompetensi khusus sehingga diperlukan pelatihan perawatan kemoterapi untuk memenuhi kompetensi tersebut. Seperti kita ketahui bahwa obat-obat kemoterapi selain mem…
Salah satu tahap penting di dalam pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) adalah kesempatan untuk menimba ilmu dan menambah pengalaman berupa praktik klinik di Rumah Sakit. Kesempatan ini antara lain diberikan kepada para mahasiswa FK UNDIP selama masa kepaniteraan Junior. RSUP Dr. Kariadi sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Mahasiswa …
Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi kesehatan, dalam satu dekade ini terjadi perubahan dalam paradigma pelayanan kesehatan di Indonesia. Perubahan paradigma tersebut adalah adanya kebutuhan akan pelayanan modern yang berorientasi pada pasien, terkini dan berdasarkan bukti klinis (evidenced base practice). Oleh sebab itu, sebagai salah satu pusat rujukan pelayanan kesehatan di…
Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab terhadap pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Berdasarkan Undang - Undang Kesehatan No. 17 tahun 2023 pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai se…