Karya Inovasi
Welcome Cendra (Wahana Edukasi dan Orientasi Layanan, Fasilitas dan Tata Tertib Cendrawasih Lantai 2 dengan Media Digital Ip Tv)
Komunikasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Komunikasi yang efektif merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemberi layanan kepada pasien atau keluarga agar informasi yang diberikan terkait pelayanan dapat diterima oleh pasien atau keluarga dengan baik,sehingga meminimalkan terjadinya komplain atau ketidak puasan. Pemberian informasi atau edukasi yang berkaitan dengan pelayanan fasilitas,tata tertib di RS merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh perawat kepada pasien atau keluarga.Informasi tentang fasilitas dan layanan yang tidak sampai kepada pasien dapat menjadikan ketidakpatuhan pasien atau keluarga terhadap peraturan yang ada di RS dan menjadikan pemahaman terhadap fasilitas layanan yang ada di RS menjadi berkurang.Ketidakpatuhan terhadap aturan seperti penunggu yang lebih dari satu orang ,jam kunjungan pasien yang tidak sesuai,kepatuhan untuk menjaga dan menempatkan barang dilingkungan, tidak mematuhi anjuran untuk cuci tangan,dapat berakibat menimbulkan infeksi nosocomial,ketidaknyamanan pasien atau keluarga lainnya dalam beristirahat,yang beresiko menjadikan LOS Panjang akibat HAI’S dan komplain pasien karena lingkungan yang ramai. Edukasi dan pemberian informasi yang kuat tentang pasien operasi yang meliputi : persiapan pre operasi,mobilisasi dan manajemen nyeri merupakan hal penting yang perlu diketahui pasien sehingga diperlukan media yang tepat untuk meningkatkan pemahaman pasien
dan keluarga.
Di cendrawasih Lantai 2 mempunyai fasilitas IPTV yang sampai saat ini belum dimanfaatkan sebagai wahana penyampaian informasi atau edukasi yang selama ini masih menggunakan media konvensional seperti leaflet dan menggunakan media visual yang bisa diakses lewat internet,yang tidak semua pasien atau keluarga mampu mengaksesnya.
No other version available