Salah satu pelayanan yang diberikan RSUP Dr. Kariadi adalah tindakan bariatrik, dimana pelaksanaannya dapat menggunakan pembiayaan JKN. Operasi bariatrik adalah pembedahan yang dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Prosedur ini biasanya dilakukan pada penderita obesitas yang sulit diatasi hanya dengan diet dan olahraga. Pembiayaan bariatrik menggunakan JKN berisiko menimbulkan k…
Pelayanan publik merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu negara, menjadi cerminan dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, efisien, dan transparan. Dalam landasan regulasi yang kuat, seperti Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum …
Laporan Manajemen Perubahan 2024 di Ruang Geriatri Lantai Dasar RSUP Dr. Kariadi berfokus pada optimalisasi pelayanan kebersihan dan kesehatan gigi-mulut pasien lansia. Latar belakangnya, jumlah lansia di Indonesia terus meningkat, dengan banyak yang memiliki masalah kesehatan gigi yang berdampak pada kualitas hidup dan nutrisi. Studi pendahuluan Januari 2024 menunjukkan sebagian pasien tidak m…
Kesehatan mental merupakan aspek krusial dari kesejahteraan individu dan masyarakat. Di Indonesia, akses terhadap layanan kesehatan mental, khususnya psikiatri, masih menghadapi berbagai tantangan. Keterbatasan jumlah psikiater, distribusi yang tidak merata (terutama di daerah pedesaan dan terpencil), stigma sosial, serta kendala geografis dan finansial seringkali menghambat masyarakat untuk me…
BOR RS kariadi dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelaporan rekam medis dan TPPRI maupun semua ruangan untuk mengetahui jumlah BOR per ruang
Instalasi Rawat Jalan (IRJA) merupakan salah satu unit vital dalam pelayanan di RS. Kariadi Semarang. Kejelasan pelayanan masih menjadi masalah krusial di IRJA, termasuk transparansi antrian di IRJA. Kondisi saat ini, pendaftaran online telah menyediakan nomor antrian secara otomatis, permasalahan yang terjadi saat ini pemanggilan antrian masih dilakukan manual melalui pengeras suara sehingga s…
Ruang Anak Lantai 1 saat ini belum memiliki sistematika khusus untuk bisa mendapatkan ulasan dari pasien terkait kepuasan pelayanan yang telah diberikan, sehingga diperlukan adanya inovasi program untuk mencapai hal tersebut. Dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien, Ruang Anak Lantai 1 menerapkan beberapa langkah sistematis dengan memanfaatkan digitalisasi. Inovasi program yang diterapkan yait…
Proposal ini berisi tentang usulan inovasi pengembangan pelayanan Terapi wicara yang berkaitan dengan kebutuhan pelayanan terapi wicara bagi masyarakat yang pembiayaannya tidak dapat dicover oleh BPJS lagi akibat terdampak kebijakan pembatasan usia maupun jangka waktu terapi. Selain itu, model pelayanan berbasis komunitas ini juga dapat dikembangkan sebagai layanan sosial masyarakat ya…
Program aksi perbaikan “TAAT:TEPAT AMBIL DAN EDUKASI OBAT” adalah Lean manajemen yang akan diterapkan di klinik Gardenia, Poli Garuda Lt Dasar. Pelayanan farmasi akan diambil di tempat yang tepat dan edukasi diberika oleh petugas yang tepat. Pelanggan akan mengambil produk farmasi di farmasi rawat jalan, Instalasi Eksekutif (gedung Garuda B Lantai dasar); tidak lagi diambilkan oleh POS dan …
Verifikasi Surat Sehat dengan Google form ( VASS – G ) adalah Program inovasi yang berupa aplikasi dalam Google Form, berisi tentang biodata peserta dan tujuan pembuatan Surat Keterangan Sehat (jasmani, rohani dan bebas narkoba). Aplikasi VASS – G ini berupa barcode yang akan discan oleh peserta Medical Check Up (MCU) dengan permintaan surat sehat. Kesalahan dalam pengetikan isi surat ket…
Tuli kongenital merupakan gangguan fungsi pendengaran sejak lahir. Jenis ketulian biasanya berupa tuli sensorineural berat bilateral. Dapat juga berupa tuli konduktif bila disertai kelainan struktur anatomi telinga. Penyebab ketulian kongenital bisa terjadi pada masa prenatal, perinatal atau postnatal. Skrining pendengaran diharapkan segera dilakukan pada bayi baru lahir ketika di RS dan dilaku…
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. …
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. …
Pelayanan publik adalah terminologi yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizens), juga yang secara langsung melalui sector public atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (pasal 14-19), ada tiga pihak yang terlibat dalam pemberian pelayanan publik,…
Pelayanan publik adalah terminologi yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizens), juga yang secara langsung melalui sector public atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (pasal 14-19), ada tiga pihak yang terlibat dalam pemberian pelayanan publik,…
Pelayanan publik adalah terminologi yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizens), juga yang secara langsung melalui sector public atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (pasal 14-19), ada tiga pihak yang terlibat dalam pemberian pelayanan publik, yaitu o…
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementar…
Sesuai Permenkes No 49 Tahun 2013 bahwa Komite keperawatan mempunyai fungsi meningkatkan profesionalisme staf keperawatan yang bekerja di rumah sakit, diantaranya dengan menjaga disiplin, etika, dan perilaku profesi perawat dan bidan, dengan tugas merekomendasikan pembinaan etik dan disiplin profesi melalui sosialisasi kode etik profesi tenaga keperawatan, pembinaan etik dan disiplin profes…
Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 38 tahun 2014 dijelaskan bahwa pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat Keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik sehat maupun sakit. Dengan berkembangnya ilmu dan tekhnologi saat ini, pera…