Pelayanan publik adalah terminologi yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizens), juga yang secara langsung melalui sector public atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (pasal 14-19), ada tiga pihak yang terlibat dalam pemberian pelayanan publik, yaitu o…
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementar…
Sesuai Permenkes No 49 Tahun 2013 bahwa Komite keperawatan mempunyai fungsi meningkatkan profesionalisme staf keperawatan yang bekerja di rumah sakit, diantaranya dengan menjaga disiplin, etika, dan perilaku profesi perawat dan bidan, dengan tugas merekomendasikan pembinaan etik dan disiplin profesi melalui sosialisasi kode etik profesi tenaga keperawatan, pembinaan etik dan disiplin profes…
Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 38 tahun 2014 dijelaskan bahwa pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat Keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik sehat maupun sakit. Dengan berkembangnya ilmu dan tekhnologi saat ini, pera…
Transformasi kesehatan layanan rujukan mengharuskan rumah sakit melaksanakan peningkatan mutu layanan klinis menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan. Transformasi layanan kesehatan mengedepankan pelayanan yang cepat, murah dan efisien. Efisiensi menjadi strategi yang di implementasikan oleh rumah sakit di Indonesia. Keputusan Direktorat Jendral Pe…
Dalam dunia kesehatan yang semakin kompleks, keselamatan pasien menjadi fokus utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan medis. Rumah Sakit Kariadi Semarang, sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Jawa Tengah, berkomitmen untuk menyediakan perawatan yang aman dan berkualitas. Meskipun upaya perbaikan dan inovasi dalam perawatan kesehatan telah dilakukan, risiko keselamatan pasien tetap menj…
Pelayanan publik adalah terminologi yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizens), juga yang secara langsung melalui sector public atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (pasal 14-19), ada tiga pihak yang terlibat dalam pemberian pelayanan publik, yaitu o…
Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan berkomitmen pada keselamatan pasien, pengunjung, dan stafnya. Kebutuhan sarana dan prasarana untuk pelayanan dipenuhi melalui proses pengadaan barang dan jasa. Rumah sakit wajib memberikan kepuasan kepada pemasok dalam kerjasama pengadaan barang dan jasa sebagai pelanggan eksternal rumah sakit. Kepuasan pemasok merupakan hal penting bagi ruma…