Instalasi Rawat Jalan (IRJA) merupakan salah satu unit vital dalam pelayanan di RS. Kariadi Semarang. Kejelasan pelayanan masih menjadi masalah krusial di IRJA, termasuk transparansi antrian di IRJA. Kondisi saat ini, pendaftaran online telah menyediakan nomor antrian secara otomatis, permasalahan yang terjadi saat ini pemanggilan antrian masih dilakukan manual melalui pengeras suara sehingga s…
Ruang Anak Lantai 1 saat ini belum memiliki sistematika khusus untuk bisa mendapatkan ulasan dari pasien terkait kepuasan pelayanan yang telah diberikan, sehingga diperlukan adanya inovasi program untuk mencapai hal tersebut. Dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien, Ruang Anak Lantai 1 menerapkan beberapa langkah sistematis dengan memanfaatkan digitalisasi. Inovasi program yang diterapkan yait…
Program aksi perbaikan “TAAT:TEPAT AMBIL DAN EDUKASI OBAT” adalah Lean manajemen yang akan diterapkan di klinik Gardenia, Poli Garuda Lt Dasar. Pelayanan farmasi akan diambil di tempat yang tepat dan edukasi diberika oleh petugas yang tepat. Pelanggan akan mengambil produk farmasi di farmasi rawat jalan, Instalasi Eksekutif (gedung Garuda B Lantai dasar); tidak lagi diambilkan oleh POS dan …
Verifikasi Surat Sehat dengan Google form ( VASS – G ) adalah Program inovasi yang berupa aplikasi dalam Google Form, berisi tentang biodata peserta dan tujuan pembuatan Surat Keterangan Sehat (jasmani, rohani dan bebas narkoba). Aplikasi VASS – G ini berupa barcode yang akan discan oleh peserta Medical Check Up (MCU) dengan permintaan surat sehat. Kesalahan dalam pengetikan isi surat ket…
Pelayanan prima merupakan upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan atas pelayanan yang dilakukan. Jika perusahaan atau lembaga fokus menjalankan bisnis produksi, pelayanan prima diwujudkan dalam bentuk menyediakan customer service dan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementar…
Pelayanan publik adalah terminologi yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizens), juga yang secara langsung melalui sector public atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (pasal 14-19), ada tiga pihak yang terlibat dalam pemberian pelayanan publik, yaitu o…