Manajemen persediaan merupakan salah satu aspek krusial dalam operasional RSUP Dr. Kariadi Semarang. Beban persediaan yang tinggi dapat menghambat efisiensi operasional dan meningkatkan biaya penyimpanan, risiko barang usang, serta ketidakmampuan dalam merespon perubahan permintaan distribusi. Upaya perbaikan pengelolaan logistik barang persediaan yang dikembangkan Tim Kerja Operasional da…
Inovasi ”GIAT security” dikembangkan di Instalasi Rawat Inap Kelas I dan II (IRNA Kelas 1 dan II) pada akhir tahun 2022 dengan tujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban yang komprehensif di lingkungan ruang rawat sehingga pelayanan kepada pasien dapat berjalan secara optimal. Implementasi inovasi GIAT security dilakukan dengan pendekatan patroli keamanan, pembuatan aplikasi pantauan p…
Pelayanan publik merupakan tulang punggung bagi kemajuan suatu negara, menjadi cerminan dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, efisien, dan transparan. Dalam landasan regulasi yang kuat, seperti Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum …
Pelatihan Hospitality Management merupakan upaya pengembangan yang terus berkembang seiring dengan perubahan dinamika dalam dunia kesehatan. Dalam menghadapi tantangan ini, penting bagi para tenaga manajerial di rumah sakit untuk terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan strategi mereka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui program pelatihan manajemen dalam bidang Ma…
RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan RS Tipe A Pendidikan yang mempunyai visi “Menjadi Rumah Sakit Modern dan Berdaya Saing Tinggi di Tingkat Asia tahun 2024”, mempunyai misi menyelenggarakan pelayanan, pendidikan, penelitian kesehatan yang mermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien dan lingkungannya, menyelenggarakan proses bisnis rumah sakit yang sehat dan produktif, menyelengga…
Sehubungan dengan meningkatnyaa jumlah penunggu pasien dan permintaan kartu tunggu pasien dengan meninggalkan kartu identitas seperti KTP dan faktanya dilapangan banyak KTP yang ditinggal di ruang satpam, serta kartu tunggu manualnya tidak di kembalikan ke petugas keamanan. Hal ini menyebabkan setiap tahunnya ada permintaan kartu tunggu fisik/manual yang perlu harus di usulkan dalam pengadaan k…
Perkembangan teknologi yang berlangsung cepat, meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses kegiatan sehari-hari termasuk di bidang kesehatan publik (Fahey & Hino, 2020). Salah satu perkembangan teknologi di bidang kesehatan adalah pemanfaatan teknologi digital dalam proses administrasi. Perkembangan teknologi dalam proses administrasi yang dimanfaatkan pada sektor pemerintahan merupakan…
Lampu Light Emitting Diode (LED) adalah jenis lampu yang hemat energi sehingga lebih efisien dan memiliki usia pemakaian yang lama dibandingkan lampu jenis lainnya serta menghasilkan cahaya yang lebih terang dan tidak menghasilkan panas juga ramah lingkungan. Pemakaian lampu LED di RS Kariadi sudah mencapai hampir 100% yang tersebar di area perawatan pasien, pelayanan pasien, area umum, jalan…
Perubahan di dunia manajemen rumah sakit di Indonesia saat ini menantang mengingat semakin banyaknya regulasi nasional dan standar yang kompleks, perubahan teknologi kesehatan yang cepat sehingga mengakibatkan bertambah banyaknya risiko yang saling berhubungan. Untuk menjadi rumah sakit yang unggul, organisasi rumah sakit membutuhkan cara berfikir baru mengenai bagaimana mengelola ris…
Salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh seseorang adalah makan dan minum. Kebiasaan makan masyarakat terutama di daerah perkotaan mengalami pergeseran menjadi kebiasaan makan yang dilakukan di luar rumah, seperti tempat kerja, sekolah, dan tempat pertemuan lain. Selain itu, aktivitas dan rutinitas yang padat menjadikan seseorang memilih makanan cepat saji untuk dikonsumsi ka…
Visi menjadi Rumah sakit modern dan berdaya saing tinggi ditingkat Asia tahun 2024, maka sebagai Institusi penyedia pelayanan kesehatan berupaya untuk mencegah terjadinya infeksi bagi pasien dan petugas. Salah satu indikator keberhasilan Rumah Sakit adalah rendahnya infeksi Rumah Sakit. Standar Pencegahan Pengendalian Infeksi yang tertuang dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi …
Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan. Pelayanan keperawatan menjadi bagian terdepan dari pelayanan kesehatan yang menentukan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Keberadaan keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan dalam situasi yang kompleks selama 24 jam secara berkesinambungan, melibatkan klien, keluar…
RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan RS Tipe A Pendidikan yang mempunyai visi “Menjadi Rumah Sakit Modern dan Berdaya Saing Tinggi di Tingkat Asia tahun 2024â€, mempunyai misi menyelenggarakan pelayanan, pendidikan, penelitian kesehatan yang mermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien dan lingkungannya, menyelenggarakan proses bisnis rumah sakit yang sehat dan produktif, menyelen…
RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan RS Tipe A Pendidikan yang mempunyai visi “Menjadi Rumah Sakit Modern dan Berdaya Saing Tinggi di Tingkat Asia tahun 2024â€, mempunyai misi menyelenggarakan pelayanan, pendidikan, penelitian kesehatan yang mermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien dan lingkungannya, menyelenggarakan proses bisnis rumah sakit yang sehat dan produktif, menyelen…
A good preparation is required to set up a research center. Management support, planning, infrastructures, human resources, and funding are factors that are closely related to the requirements of the establishment of a research center. This study aims to analyze the preparationof the research center establishment at Dr. Kariadi Hospital, Semarang.This study was u…