Rumah sakit senantiasa menghadapi berbagai tantangan diantaranya meliputi keterbatasan jumlah staf, tekanan finansial serta kepatuhan terhadap regulasi. Hal ini berpotensi menurunkan produktivitas staff, meningkatkan stres, kelelahan kerja, penurunan kepuasan kerja dan pemborosan sumber daya rumah sakit. Hal ini apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan penurunan revenue, kualitas …
Inovasi ”GIAT security” dikembangkan di Instalasi Rawat Inap Kelas I dan II (IRNA Kelas 1 dan II) pada akhir tahun 2022 dengan tujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban yang komprehensif di lingkungan ruang rawat sehingga pelayanan kepada pasien dapat berjalan secara optimal. Implementasi inovasi GIAT security dilakukan dengan pendekatan patroli keamanan, pembuatan aplikasi pantauan p…
Layanan Kariadi One Stop Digital Payment Palvijoen Eksekutif Garuda merupakan layanan pembayaran 1 pintu yang dikemas secara digital untuk mempermudah proses pembayaran tagihan layanan kesehatan yang sudah didapatkan oleh pasien, pengembangan ini berupa integrasi layanan digital payment dengan Kariadi Mobile dan WhatsApp notifkasi, selain itu juga menyediakan Kasir Digital untuk dapat melakukan…
M e w u j u d k a n I n d o n e s i a S e h a t membutuhkan wawasan mendalam tentang kondisi kesehatan kita. Tren menunjukkan pergeseran ke Penyakit Tidak Menular (PTM) seper diabetes dan hipertensi, menuntut fokus lebih pada pencegahan dan promosi kesehatan. Kesenjangan akses layanan kesehatan masih menjadi tantangan besar, terutama di daerah terpencil. Ini mendesak pemerataan infras…
RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan RS Tipe A Pendidikan yang mempunyai visi “Menjadi Rumah Sakit Modern dan Berdaya Saing Tinggi di Tingkat Asia tahun 2024”, mempunyai misi menyelenggarakan pelayanan, pendidikan, penelitian kesehatan yang mermutu dan berorientasi pada keselamatan pasien dan lingkungannya, menyelenggarakan proses bisnis rumah sakit yang sehat dan produktif, menyelengga…
Rumah Sakit Umum Dr. Kariadi Semarang merupakan salah satu rumah sakit dibawah Kementerian Kesehatan RI. Demi meningkatkan pelayanan dan menyumbangkan pengetahuan medis kepada global, RSUP Dr. Kariadi telah melakukan berbagai penelitian. Selain sebagai tempat untuk melakukan pendidikan, RSUP Dr. Kariadi yang merupakan RS pendidikan telah melakukan penelitian mengenai medis yang mencakup berbaga…
Diskusi jaga tiap pagi adalah sebuah inisiatif untuk meningkatkan komunikasi antar tenaga medis dan para staf rumah sakit termasuk peserta didik PPDS 1 Anak melalui diskusi rutin setiap pagi. Tujuan utama dari inovasi ini adalah untuk membahas kondisi pasien, permasalahan yang mungkin muncul selama proses perawatan, dan rencana tindakan yang diperlukan selama jaga. Dengan adanya komunikasi yang…
Tingkat keberhasilan pelayanan rumah sakit sangat tergantung antara lain pada mutu pelayanan, kemudahan, kecepatan, kemutahiran peralatan, kenyamanan dan keamanan pasien (patient safety). Unit Sterilisasi Sentral merupakan unit pelayanan penunjang yang berperan dalam proses sterilisasi alat kesehatan (alkes). Proses sterilisasi meliputi pembersihan alkes , setting packing, sterilisasi, pen…
Instalasi Pemulasaraan jenazah merupakan tempat memelihara jenazah baik jenazah dari dalam maupun dari luar rumah sakit, perawatan jenazah yang diberikan meliputi memandikan, mengkafani dan menyediakan peti jenazah dengan tujuan agar jenazah siap dibawa pulang oleh pihak keluarga.\r\nPada kenyataannya perawatan jenazah tidak sesederhana itu, karena jenazah dibedakan menjadi jenazah yang infeksi…
Pengembangan pelayanan di RSUP Dr. Kariadi perlu didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki kinerja yang unggul. Proses penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dimulai melalui proses perencanaan SDM yang sistematis. Perencanaan SDM yang sistematis meliputi kuantitas maupun kualitas guna terwujudnya pelayanan yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien. \r\nSebagai…