TELAPAK dikembangkan karena keprihatinan melihat kondisi Depo Rajawali yang sering padat dengan petugas ruangan yang menunggu obat dalam jangka waktu yang tidak sebentar, baik obat pulang maupun obat cito untuk tindakan maupun kegawatan, utamanya di antara jam 07.00-12.00. Depo Rajawali sendiri adalah salah satu depo di RSUP Dr Kariadi Semarang yang beroperasi 24 Jam dan melayani obat untuk pas…
Instalasi Farmasi RSUP Dr. Kariadi berkomitmen untuk dalam mendukung program efisiensi RSUP Dr. Kariadi Semarang dan selalu berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan farmasi. Dalam rangka mendukung program tersebut Intalasi farmasi membuat usulan inovasi untuk mempermudah petugas farmasi melakukan monitoring persediaan farmasi yaitu “SIMOPSI” Sistem Monitoring Persediaa…
SANJUNG merupakan inovasi yang tercipta dilatarbelakangi oleh banyak nya antrian pasien di depo farmasi IRJA RSUP Dr Kariadi yang menyebabkan kerumunan pasien dan/atau pengantar pasien di ruang tunggu farmasi terutama saat puncak pelayanan pada jam 12-15 WIB. Hal ini diakibatkan oleh pasien dan/atau pengantar pasien menunggu proses verifikasi resep saat di penerimaan resep dan menunggu pemanggi…
Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan berkualitas. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan No. HK.02.02/D/4418/2024, salah satu indikator kinerja rumah sakit adalah Rasio Beban Persediaan Farmasi terhadap Pendapatan Operasional yang idealnya ≤ 25%. Untuk memenuhi indikator tersebut, RSUP Dr. Kariadi…
Belum optimalnya proses serah terima antar petugas farmasi di depo farmasi RSUP Dr. Kariadi dilakukan melalui kegiatan mengidentifikasi masalah yang ada di unit kerja, menentukan akar penyebab masalah dibantu dengan diagram fishbone dan menyelesaikan isu melalui kegiatan-kegiatan inisiatif dilandasi dengan salah satu nilai dasar RSUP Dr. Kariadi yaitu efisien.
Pediatric Intensive Care Unit (PICU) merupakan ruang perawatan untuk anak dengan kondisi kritis.Anak yang dirawat di ruang tersebut adalah anak yang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius dimana telah dilakukan pemeriksaan diagnostik sehingga mengharuskan anak dirawat di ruangan intensif. Dalam memberikan pelayanan di Ruang kritis anak membutuhkan berbagai macam pengobatan dan menggu…
Adanya Akreditasi Rumah Sakit menuntut semua Rumah Sakit yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh KARS, termasuk didalamnya pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi pengelolaan perbekalan farmasi dan penggunaan perbekalan farmasi (Farmasi klinik) yang di antaranya termasuk pelayanan penyiapan …
Manajemen obat merupakan komponen yang penting dalam pengobatan paliatif, simtomatik, preventif, dan kuratif terhadap penyakit dan berbagai kondisi. Manajemen obat mencakup sistem dan proses yang digunakan rumah sakit sakit dalam memberikan farmakoterapi kepada pasien. Perlu upaya multidisiplin dan terkoordinasi dari para staf rumah sakit, menerapkan prinsip rancang proses yang efektif, imp…
Manajemen pelayanan farmasi terkait dengan potensi fraud pada saat pemberian perbekalan farmasi yang dibutuhkan untuk pelayanan pasien rawat inap. Salah satunya retur perbekalan farmasi pada pasien rawat inap setelah close billing yang tinggi kemudian terjadi penurunan, hal ini berpotensi menjadi bagian dari tindakan fraud. Kejadian fraud pada permasalahan retur perbekalan farmasi di rumah …